Monday 28 February 2011

Market Analysis

Senin, 28 Februari 2011, Pelajaran Introduction to Marketing diawali dengan presentasi dari empat kelompok dari setiap bidang. Namun, kelas kami ternyata kurang paham dengan tugas yang diberikan sehingga hampir semua presentasi dari masing-masing kelompok tidak sesuai dengan yang diharapkan. Pak Sandy meminta maaf karena minggu lalu beliau kurang dapat menyampaikan materi dengan baik yang berdampak pada ketidakpahaman mahasiswa terhadap materi. Akhirnya, pelajaran dilanjutkan dan membahas tentang Market Analysis.

Dua hal penting yang dibahas adalah mengenai value chain dan STP. Value chain terdiri dari inbound logistics, operations, outbond logistics, marketing and sales, service, dan semua point ini tergolong primary activities yang harus dilakukan secara rutin.
  • Inbound Logistics. Aktivitas yang berhubungan dengan penerimaan, penyimpanan, dan penyebaran masukan ke produk, seperti: penanganan material, pengendalian persediaan, penjadwalan kendaraan.

  • Operation. Aktivitas yang berhubungan dengan pengubahan masukan menjadi produk jadi, seperti: permesinan, pengemasan, pengujian, penyetakan, dan operasi fasilitas.

  • Outbound Logistics. Aktivitas yang berkaitan dengan pengumpulan, penyimpanan, dan pendistribusian produk secara fisik kepada pembeli, seperti pemrosesan pesanan, penjadwalan.

  • Marketing and Sales. Aktivitas yang berhubungan dengan penyediaan sarana di mana pelanggan dapat membeli produk dan membujuk mereka untuk melakukannya, seperti: periklanan, promosi, tenaga penjualan, dan penetapan harga.

  • Service. Aktivitas yang berhubungan dengan penyediaan jasa untuk meningkatkan atau mempertahankan nilai produk, seperti perbaikan, pelatihan, dan penyesuaian produk.

Selain itu Value chain juga terdiri dari firm infrastructure, human resource management, technology, dan procurement yang semuanya tergolong supporting activities yang sifatnya tidak setiap hari dan merupakan aktifitas pendukung.

Sedangkan aktivitas-aktivitas pendukung terdiri dari:

  • Procurement. Mengacu pada fungsi dari pembelian masukan yang dipergunakan dalam value chain perusahaan, bukan pada masukan yang dibeli itu sendiri.

  • Technology Development. Terdiri dari sejumlah aktivitas yang dapat dikelompokkan secara luas dalam usahanya memperbaiki produk dan proses.

  • Human Resource Management. Terdiri dari aktivitas-aktivitas yang meliputi perekrutan, pelatihan, pengembangan, dan kompensasi untuk semua jenis personil.

  • Firm Infrastructure. Terdiri dari sejumlah aktivitas yang meliputi: manajemen umum, perencanaan, pendanaan, akuntansi, hukum, pemerintah, dan manajemen kualitas.

STP merupakan singkatan dari Segmentation, Targeting, dan Positioning. Segmenting adalah membagi populasi menjadi hal yang serupa. Segmenting dapat dilakukan berdasarkan profil demografi, profil geografi dan personality. Targeting merupakan pemilihan beberapa segment. Positioning merupakan cara untuk menentukan posisi yang merupakan penilaian customer terhadap perusahaan kita. Misalnya, masyarakat menilai mobil Volvo unggul dalam hal keamanan, sedangkan BMW unggul dalam hal kecepatan. Sebagai perusahaan baru, kita harus mampu memiliki positioning yang berbeda dari yang lain.
Dari pelajaran hari ini, saya mengetahui bahwa sebagai perusahaan baru, kita harus pandai dalam melakukan segmentasi, penentuan target, dan posisi kita. Kita harus membuat perusahaan yang berbeda dengan perusahaan lain yang sejenis. Kegunaan dari gabungan value chain dan STP yang kita pelajari ini adalah, semakin cocok value chain dan STP kita dengan competitive advantage yang kita miliki, akan semakin banyak pendapatan yang akan kita terima.

No comments:

Post a Comment