Monday 21 February 2011

Industrial Analysis

Tanggal 21 Februari 2011, pelajaran Introduction to Marketing diawali dengan presentasi dari masing-masing kelompok atas inovasi yang telah dibuat. Saya sebagai anggota dari kelompok Tour memberikan inovasi dalam bidang tour and travel berupa 24-hours service, drive-thru service, dan beberapa inovasi lainnya. Pak sandy memberikan masukan kepada kelompok saya untuk mempertajam inovasi di bidang drive-thru. Setelah mendengarkan presentasi dari setiap kelompok, Pak Sandy memberikan penjelasan tentang apa itu market (pasar) dan apa itu industry (industri). Meskipun kondisi Pak Sandy kurang fit, beliau tetap berusaha untuk menjelaskan materi kepada para mahasiswa. Pak Sandy menjelaskan bahwa market dapat terjadi secara nyata (actual) dan secara maya (conceptual). Persaingan terjadi di industri yang sama dan sejenis. Beliau juga menjelaskan bahwa hospitality industry terdiri dari lima sektor yaitu accomodation, Food and Beverage, Meeting and Events, Gaming-Entertainment-Recreation, dan Tourism services-visitor information. Kelompok saya sendiri termasuk dalam sektor ke lima, yaitu tourism services. Sebagai perusahaan baru yang merambah dunia pariwisata, tentu diperlukan suatu nilai lebih agar tidak kalah dari kompetitor lain yang sejenis.
Pak Sandy menampilkan suatu grafik dari suatu produk yang disebut dengan Product Life Cycle, yang terdiri dari empat tahap :
-Introduction : memperkenalkan suatu produk kepada masyarakat.
-Growth : produk tersebut sedang populer dan diminati.
-Maturity : produk tersebut telah memiliki banyak pesaing di pasar dan permintaan pasar tidak bertambah.
-Decline : masyarakat telah meninggalkan produk tersebut sehingga jumlah penjualan menurun.
Hal paling penting yang saya terima dari pelajaran hari ini adalah saya harus dapat menjual produk yang bersifat growth, di mana sebuah produk berada dalam tahap akan berkembang dan menjadi populer. Contoh paling mudah adalah Smart phone. Saat ini smart phone sedang berada dalam tingkat growth, karena mulai banyak dipakai oleh konsumen. Lain halnya Nokia yang telah tenggelam (decline), setelah bertahun-tahun berada di posisi puncak.
Dari pelajaran hari ini, saya memperoleh pengetahuan bahwa kita harus mengetahui posisi kita dalam pasar dan industri. Kita harus mengetahui siapa yang menjadi kompetitor, apa yang menjadi faktor yang mendukung dan mengancam bisnis kita. Kita juga harus pandai memilih produk yang akan kita jual di pasar.

No comments:

Post a Comment