Thursday 11 August 2011

Service Customer

Kelas Service Marketing hari ini membahas tentang Service Customer. Servis adalah hal yang terpenting dalam sebuah usaha. Modal tinggi dan advertising besar-besaran tidak ada artinya tanpa dibarengi dengan servis yang baik. Servis yang baik sangat penting untuk mempertahankan customer karena biaya untuk menemukan pelanggan baru jauh lebih murah daripada biaya untuk mempertahankan pelanggan lama. Menurut saya, hal paling penting yang saya pelajari hari ini adalah mengenai hal-hal apa saja yang mempengaruhi pandangan konsumen. Yang pertama adalah service quality. Kedua adalah value yang merupakan image dari perusahaan. Dengan image yang baik, sebuah perusahaan akan dengan mudah mendapatkan pelanggan. Ketiga adalah customer satisfication yang dipengaruhi oleh harga. Perusahaan harus memiliki harga yang sesuai dengan standar harga pasar. Hal ini juga berhubungan dengan materi di kelas sebelumnya yaitu mengenai 8P.
Setelah membahas tentang servis customer, kelas dilanjutkan dengan diskusi kelompok berupa menggali ide - ide kreatif tentang apa saja yang diperlukan untuk membuat sebuah hotel untuk customer tipe backpacker, pasangan (honeymoon), dan bisnis. Masing - masing kelompok harus mempresentasikan opini masing - masing dan membahasnya secara bersama - sama di kelas.

No comments:

Post a Comment